Monday, May 28, 2012

10 Orang Terkaya Dunia


foto


TEMPO.CONew York - Miliader Meksiko, Carlos Slim Helu, kembali menduduki posisi teratas orang paling kaya di dunia versi majalah ekonomi Forbes. Bos perusahaan telekomunikasi Telmex dan Movil ini memiliki kekayaan senilai US$ 69 miliar.

Seperti dikutip dari laman Forbes, Kamis, 8 Maret 2012, posisi puncak sudah dua kali ditempati Carlos. Tahun lalu ia dinobatkan sebagai miliarder terkaya dengan aset senilai US$ 74 miliar. Forbesmenyatakan kekayaan Helu anjlok US$ 5 miliar lantaran saham Movil di Wall Street megap-megap hingga separuh harga sepanjang 2011. Selain itu perusahaannya yang lain, Telmex, dikenai denda US$ 1 miliar oleh pemerintah Meksiko karena melakukan monopoli.

Namun Forbes juga memberi nilai lebih pada Helu karena ia termasuk miliader yang dermawan. Konglomerat berusia 72 tahun ini dikenal aktif sebagai filantrop dalam berbagai kegiatan sosial melalui Carlos Slim Foundation serta Telmex Foundation. "Tujuan hidupnya ialah menjadi filantrop yang aktif membangun kemampuan sesamanya," demikian ulasanForbes.

Posisi kedua ditempati bos Microsoft, William Henry Gates III alias Bill Gates. Kekayaan Gates mencapai US$ 61 miliar, naik dari pencapaian tahun lalu sebesar US$ 56 miliar. Berkebalikan dengan Carlos, aset lelaki yang kini berumur 56 tahun itu naik karena harga sahamnya melonjak hingga level tertinggi dalam satu dekade. Ia pun berhasil mengakuisisi produsen alat sanitasi Ecolab dan stasiun televisi Meksiko, Televisa.

Sedangkan tempat ketiga diisi Warren Buffet. Pemilik firma investasi Berkshire Hathaway ini memiliki harta senilai US$ 44 miliar. Jika dibanding tahun lalu kekayaan Buffet turun US$ 6 miliar karena harga saham Berkshire turun 7 persen. Dalam laporan tahunannya Buffet mengakui ada beberapa kesalahan bisnis, di antaranya dalam hal investasi perumahan.

Jika dirata-rata, daftar orang terkaya dunia nyaris tak berubah dibanding tahun lalu. Namun ada juga taipan yang kini terdepak dari urutan 10 besar. Ia adalah Lakshmi Mittal. Bos perusahaan baja India ArcelorMittal ini terpental dari posisi 6 ke nomor 21. Kekayaannya turun dari US$ 31,1 miliar menjadi US$ 20,7 miliar karena biaya produksi baja yang membubung, sementara permintaan--terutama dari Eropa--anjlok.

Berikut ini daftar 10 orang terkaya versi Forbes 2012

Nama Aset Perusahaan Negara

1. Carlos Slim Helu US$ 69 miliar Telmex, Movil Meksiko

2. Bill Gates US$ 61 miliar Microsoft Amerika

3. Warren Buffett US$ 44 miliar Berkshire Hathaway Amerika

4. Bernard Arnault US$ 41 miliar LVMH Prancis

5. Amancio Ortega US$ 37.5 miliar Zara Spanyol

6. Larry Ellison US$ 36 miliar Oracle Amerika

7. Eike Batista US$ 30 miliar Brasil

8. Stefan Persson US$ 26 miliar H&M Swedia

9. Li Ka-shing US$ 25,5 miliar Hong Kong

10. Karl Albrecht US$ 25,4 miliar Aldi Jerman

No comments:

Post a Comment