Sunday, May 20, 2012

Tak Mau Memanfaatkan Ayah


Banyak anak muda yang numpang nebeng pada ketenaran ayah atau kerabat lain yang lebih dulu populer. Namun itu tidak dilakukan oleh Enrique Miguel Iglesias Preysler. Di saat ia merayakan ulang tahunnya ke-37 tahun hari ini, pantas kita melihat semangatnya yang melahirkan sukses luar biasa.Enrique adalah putra penyanyi terkenal Spanyol, Julio Iglesias. Meski sejak remaja ia memiliki bakat menulis lagu dan menyanyi, ia tak serta merta memanfaatkan ketenaran ayahnya untuk mendongkrak kariernya. Selepas SMA ia malah mencari perusahaan rekaman sendiri dengan nama "samaran" saat kuliah di Miami, AS.
Saat itu, pria kelahiran 8 Mei 1975, itu menggunanakan nama Enrique Martinez ketika menjajakan demo lagu-lagu karyanya ke sejumlah perusahaan rekaman. Nama Martinez ia ambil dari manajernya, Fernan Martinez. Setelah perjuangan panjang akhirnya sebuah perusahaan rekaman Kanada, Fonovisa, mau membuatkan albumnya. Ketika penggarapan album inilah akhirnya diketahui kalau Enrique itu putra penyanyi terkenal Julio Iglesias.
Enrique membuat album pertamanya di Toronto. Album itu kemudian diberi label Enrique Iglesias yang terdiri dari lagu-lagu balada rok berbahasa Spanyol seperti Si Tu Te Vas dan Experiencia Religiosa dan diluncurkan pada 21 November 1995. Album ini laku luar biasa. Hanya dalam seminggu album Enrique Iglesias terjual 500.000 kopi, hal yang jarang terjadi bagi album yang bukan berbahasa Inggris. Album ini mendapat penghargaan Platinum dan Gold di sejumlah negara dan terjual hingga 8 juta kopi. Sejak saat itu ia menjadi bintang.
Kini Enrique Iglesias merupakan salah satu penyanyi Spanyol tersukses sepanjang masa. Seluruh albumnya terjual hingga 100 juta kopi. Dari sukses itu ia sudah bisa menyaingi ayahnya, Julio Iglesias, yang memiliki rekor penjualan hingga 300 juta kopi dari 77 album dan 14 bahasa. Sedangkan Enrique membukukannya hanya dari sembilan album.
Enrique sendiri tak hanya populer sebagai penyanyi saja. Pria beribu Filipina ini juga memasuki dunia film layar lebar. Lalu kenapa album berbahasa Spanyolnya sukses? "Kita harus menyanyi dengan bahasa yang kita rasa paling sempurna bisa kita nyanyikan lalu lakukan yang terbaik," paparnya. Sangat inspiratif

andriewongso.com

No comments:

Post a Comment