Saturday, November 10, 2012

Lebih dari 70 Persen Dukung Sri Mulyani Jadi Presiden Bank Dunia


Persaingan untuk menjadi presiden Bank Dunia mulai sengit. Munculnya kandidat baru yang disebut-sebut akan diusulkan Presiden AS Barack Obama menambah seru persaingan.

Salah satu nama yang diperkirakan ada dalam pertimbangan Obama itu adalah Larry Summers, mantan menteri keuangan AS. Namun belum apa-apa nama itu sudah mendatangkan protes. Sebuah kelompok yang menamakan dirinya UltraViolet di AS meminta Obama tak jadi mengusulkannya karena catatan komentar masa lalu Summers yang cenderung mendiskreditkan kaum perempuan.

"Summer akan menjadi pilihan bermasalah. Summer memiliki sejarah panjang menyangkut komentarnya mengenai jender, seperti anak perempuan tidak memiliki hadiah genetik yang bisa diandalkan untuk mengerjakan matematika dan sains seperti halnya anak laki-laki. Sedangkan Bank Dunia memiliki kekuatan penuh untuk memberi pendidikan dan pelatihan pada kaum perempuan dan anak-anak perempuan di negara-negara berkembang. Kami membutuhkan calon yang percaya bahwa anak perempuan memiliki potensi yang sama dengan anak laki-laki," begitu bunyi protes itu seperti yang dikutip di website Worldbankpresident.org.

Mungkin masalah ini sedikit banyaknya ikut mendorong dunia untuk melihat kandidat calon presiden Bank Dunia yang perempuan. Di antara delapan calon yang sementara ini muncul di Worldbankpresident.org, terdapat empat nama yang perempuan yaitu Sri Mulyani (Indonesia), Ngozi Okonjo-Iweala (Nigeria), Michelle Bachelet (Cile), dan Marina Silva (Brazil). Worldbankpresident.org adalah suatu website yang merekam jejak liputan media, pengumuman resmi, suara komunitas sosial, dan lain sebagainya mengenai calon presiden Bank Dunia.

Website ini kemudian melakukan vote untuk delapan calon presiden Bank Dunia yang akan menggantikan Robert Zoellick, yang akan mundur akhir Juni 2012. Dari kedelapan calon itu, ternyata 86 persen responden dunia mendukung Sri Mulyani jadi Presiden Bank Dunia berikutnya. Mungkin karena rekam jejak Sri Mulyani di Bank Dunia cukup baik. Saat ini Sri Mulyani adalah Direktur Pelaksana Bank Dunia. Hal ini juga mungkin dianggap lebih cocok karena sudah berpengalaman di lembaga keuangan tertinggi di dunia itu.

Hasil voting terbaru:

Sri Mulyani Indrawati - Indonesia (86%)
Kemal Derviş - Turki (9%)
Michelle Bachelet - Cile (2%)
Jairam Ramesh - India (1%)
Luiz Inácio "Lula" da Silva - Brazil (1%)
Ngozi Okonjo-Iweala - Nigeria (1%)
Marina Silva - Brazil (0%)
Trevor Manuel - Afrika Selatan (0%)

TOTAL: 13.454 suara

*Polling akan ditutup Senin, 27 Februari waktu setempat. 

source: http://andriewongso.com/articles/details/4777/Lebih-dari-70-Persen-Dukung-Sri-Mulyani-Jadi-Presiden-Bank-Dunia

No comments:

Post a Comment