Saturday, November 10, 2012

Pembajakan Akun Twitter, dari Media hingga Presiden


Barrack Obama

Berita mengejutkan terjadi pekan ini. Akun Twitter milik Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra dibajak seseorang yang kemudian menggunakannya untuk mengungkapkan kritiknya pada sang perdana menteri. Setidaknya ada 8 tweet yang sempat di-posting sang pembajak.

Dalam posting-an ilegal itu pembajak menuding pemerintah Yingluck tak kompeten dan kronis. "\'Jika dia tidak bisa melindungi akun Twitter pribadinya sendiri, bagaimana mungkin dia melindungi negara?" begitu bunyi salah satu tweet-nya.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu, 2 Oktober 2011. Namun itu bukan pertama kalinya akun jejaring sosial milik tokoh penting di suatu negara di-hack orang yang tak bertanggung jawab. Akun Twitter Presiden AS Barrack Obama juga pernah di-hack pada Januari 2009, pelakunya adalah pemuda Prancis.
 

Ilustrasi Hacker


Menurut Adeline Champagnat, anggota senior The Police Cyber Crimes Prancis, sang pelaku motifnya bukan masalah uang melainkan ingin menunjukkan bahwa dia bisa membobol akun Twitter. Selain itu yang dibobol bukan hanya akun Twitter Barrack Obama, tetapi juga milik artis AS, Britney Spears.

Para pembobol umumnya melakukannya karena iseng untuk menunjukkan bahwa ia mampu melakukannya. Karena itu, meng-hack akun milik tokoh populer atau lembaga tertentu yang kelak menjadi pusat perhatian jika di-hack menjadi incaran mereka.

Pada Juli 2011, misalnya, akun milik kantor berita Fox juga mengalami pembobolan dan untuk beberapa saat dikuasai hacker. Lebih parahnya, sang pembobol membuat posting yang menyebutkan Presiden Obama tewas. Kantor berita NBC juga mengalami nasib yang sama pada awal September kemarin saat Amerika Serikat akan memperingati serangan teroris 11 September. Dalam akun bajakan disebutkan, ada serangan pesawat di Ground Zero.

Nasihat paling umum agar akun Twitter dan lainnya tak mudah dibajak adalah, gunakan saran pembuatan password. Misalnya agar password tidak mudah ditebak, gunakan kombinasi huruf dan angka bahkan dengan simbol.

source: andriewongso.com
 
 

No comments:

Post a Comment